Perjalanan Honda Supra X 125 Series Si Raja Motor Bebek Dari Masa Ke MasaSudah tidak perlu diragukan lagi kiprah Honda Supra 125 keluaran pabrikan Honda.


1. Karisma 125D dan X

Mulai rilis tahun 2003, sebenarnya Karisma 125 lah yang menjadi cikal bakal adanya Supra 125 series.

Pada awalnya Honda memberi nama Karisma 125D yang memiliki desain baru dan generasi mesin terbaru.

Menggendong mesin generasi terbaru dengan kubikasi murni 124,9 cc dari diameter dan langkah piston 52,4 x 57,9 mm di zamannya sudah termasuk besar untuk seukuran motor bebek.

Sistem pengabutan masih mengadopsi karburator, namun sudah mendapatkan teknologi mutakhir dari Honda yakni Throttle Switch System (TSS).

Teknologi ini melekat di karburator dan berfungsi mengirimkan sinyal kepada CDI saat putaran atas dan memajukan derajat pengapian yang semula 27 derajat menjadi 37 derajat.

Hal tersebut berdampak semakin responsifnya tarikan mesin dan efisiensi bahan bakar menjadi lebih maksimal.

Dianggap memiliki body bongsor, maka pertengahan tahun 2004, tepatnya Agustus 2004 Honda melakukan facelift dan berganti nama menjadi Karisma 125X.

Body yang lebih ramping membuat tampilan Karisma semakin diminati konsumen setianya.

Untuk spesifikasi mesin dan teknologi masih sama dengan generasi Karisma 125D.

2. Supra X 125D dan Supra X 125R

Tahun 2006 menjadi awal diberi namanya Honda Supra 125.

Menggantikan Karisma dan Supra 100 membuat namanya dikenal hingga kini.

Honda merubah seluruh tampilan dari motor yang di klaim bisa menempuh jarak lebih dari 55 kilometer untuk satu liter bensin.

Tampilan body berubah, kini lampu sein menempel di tebeng depan.

Tidak lagi menempel di cover setang seperti pada Karisma 125.

Untuk Supra X 125D, masih menganut pelek jari-jari atau spoke wheel.

namun pada Supra X 125R, Honda sudah membekali pelek palang yang sporty.

Untuk stiping pun lebih keren dibanding dengan Supra X 125D dan memberi Tagline dimotornya dengan 'Xpresi Muda Xpresi Racing'.

Sedangkan untuk mesin, Honda masih percaya mesin lama yang dipakai Kharisma.

3. Supra X 125DD

Banyak bermasalah di sistem pengereman belakang yang masih tromol, Honda melakukan facelift atau upgrade di tahun berikutnya dengan mengeluarkan Supra X 125 DD dengan fitur double cakram.

Namun, Honda hanya mengeluarkan untuk versi jari-jarinya saja sob.

Menyumbang penjualan lebih dari 10 juta unit sampai saat ini membuat posisi Honda Supra X 125 series tidak terkalahkan oleh pabrikan lain.

Gelar 'Raja Motor Bebek' pun pantas disematkan ke motor ini.

Bila kita flashback sedikit perjalanan Supra X 125 Series dari masa ke masa, maka sampai saat ini setidaknya sudah 7 perubahan yang dilakukan, mari kita simak yuk sob1. Karisma 125D dan X

Mulai rilis tahun 2003, sebenarnya Karisma 125 lah yang menjadi cikal bakal adanya Supra 125 series.

Pada awalnya Honda memberi nama Karisma 125D yang memiliki desain baru dan generasi mesin terbaru.

Menggendong mesin generasi terbaru dengan kubikasi murni 124,9 cc dari diameter dan langkah piston 52,4 x 57,9 mm di zamannya sudah termasuk besar untuk seukuran motor bebek.

Sistem pengabutan masih mengadopsi karburator, namun sudah mendapatkan teknologi mutakhir dari Honda yakni Throttle Switch System (TSS).

Teknologi ini melekat di karburator dan berfungsi mengirimkan sinyal kepada CDI saat putaran atas dan memajukan derajat pengapian yang semula 27 derajat menjadi 37 derajat.

Hal tersebut berdampak semakin responsifnya tarikan mesin dan efisiensi bahan bakar menjadi lebih maksimal.

Dianggap memiliki body bongsor, maka pertengahan tahun 2004, tepatnya Agustus 2004 Honda melakukan facelift dan berganti nama menjadi Karisma 125X.

Body yang lebih ramping membuat tampilan Karisma semakin diminati konsumen setianya.

Untuk spesifikasi mesin dan teknologi masih sama dengan generasi Karisma 125D.

2. Supra X 125D dan Supra X 125R

Tahun 2006 menjadi awal diberi namanya Honda Supra 125.

Menggantikan Karisma dan Supra 100 membuat namanya dikenal hingga kini.

Honda merubah seluruh tampilan dari motor yang di klaim bisa menempuh jarak lebih dari 55 kilometer untuk satu liter bensin.

Tampilan body berubah, kini lampu sein menempel di tebeng depan.

Tidak lagi menempel di cover setang seperti pada Karisma 125.

Untuk Supra X 125D, masih menganut pelek jari-jari atau spoke wheel.

namun pada Supra X 125R, Honda sudah membekali pelek palang yang sporty.

Untuk stiping pun lebih keren dibanding dengan Supra X 125D dan memberi Tagline dimotornya dengan 'Xpresi Muda Xpresi Racing'.

Sedangkan untuk mesin, Honda masih percaya mesin lama yang dipakai Kharisma.

3. Supra X 125DD

Banyak bermasalah di sistem pengereman belakang yang masih tromol, Honda melakukan facelift atau upgrade di tahun berikutnya dengan mengeluarkan Supra X 125 DD dengan fitur double cakram.

Namun, Honda hanya mengeluarkan untuk versi jari-jarinya saja sob.

Komentar

Postingan populer dari blog ini